Skip to content

Manajemen Waktu

Oktober 1, 2011

“Until you value yourself, you will not value your time. Until you value your time, you will not do anything with it.” “Sampai Anda menghargai diri sendiri, Anda tidak akan menghargai waktu Anda Sampai Anda menghargai waktu Anda, Anda tidak akan melakukan apa-apa dengan waktu Anda..” M. Scott Peck

Dalam beberapa hal waktu sering menjadi kambing hitam akan kegagalan kita dalam meraih apa yang kita rencanakan…. Benarkan demikian? Pesan di atas mengigatkan kita bahwa, bila kita ingin memanfaatkan waktu kita dengan baik maka kita perlu menghargainya seperti kita menghargai diri kita sendiri.

Belajar di UT memiliki banyak kelebihan, bisa dilakukan dengan jarak jauh dan secara terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/Internet, siaran radio dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Setiap mahasiswa tentunya ingin mendapatkan hasil yang optimal, hasil disini bukan hanya nilai namun ilmu yang dipelajari benar-benar dikuasai sehingga nantinya mampu diterapkan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi di dunia kerja maupun di dalam kehidupan bersmasyarakat dan berkeluarga.

Sifatnya yang terbuka membuat kebanyakan mahasiswa UT adalah mereka yang telah bekerja dan berkeinginan untuk melanjutkan studi dibidang yang diinginkan. Karena selain berprofesi sebagai pelajar juga adalah seorang karyawan maka pemanfaatan waktu yang dimiliki dalam belajar sangatlah penting untuk diperhatikan. Agar pekerjaan tidak terbengkalai, prestasi di tempat kerja tidak terganggu kalo bisa malah meningkat, semua matakuliah yang diambil lulus dengan nilai yang memuaskan.

Mengatur waktu memang tidak mudah, namun dengan usaha sungguh-sungguh maka kita pasti akan bisa. Waktu secara garis besar bisa dibagi tiga:  Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Depan…. Masa lalu telah lewat jadi tidak bisa putar kembali.  Masa Kini yang menjadi milik kita mesti kita manfaatkan sebaik-baiknya. Masa Depan belum terjadi, perlu perencanaan yang matang agar hasilnya optimal, agar waktu tidak terbuang percuma. Jangan suka menunda-nunda hal yang baik terutama dalam belajar, karena waktu tidak bisa diputarmundur. “Never leave ’till tomorrow which you can do today.” Jangan pernah meninggalkan sesuatu hingga hari esok bila Anda mampu menyelesaikannya hari ini (Benjamin Franklin)

Ben Franklin 1478 mengatakan: “Waktu adalah uang”, maka kelola waktu layaknya Anda mengelola uang. Bila Anda hidup di kota besar, Anda tidak akan bisa hidup bila tidak punya uang, oleh karenanya mengelola uang dengan baik sama dengan menjaga kelangsungan hidup Anda. Pepatah mengatakan; Menjadi sukses tidak membuatmu baik dalam mengelola waktu, namun baik mengelola waktu membuatmu menjadi sukses.

Melakukan perencanaan yang baik sangat menentukan kesuksesan kita, bila kita gagal dalam membuat perencanaan sebenarnya kita sedang merencanakan kegagalan kita. Oleh karenanya buatlah perencanaan yang baik.

Kenalilah kegiatan yang memakan banyak waktu anda misalnya: Menonton TV, ngobrol, olahraga terlalu banyak, bermain terlalu banyak, jalan-jalan ke mall, tidur kebanyakan, dll

Tetapkan target Anda, berapa SKS yang Anda ambil dalam satu semester ini? Menurut sistem kredit semester (SKS) mahasiswa belajar setidaknya dua jam di luar kelas untuk setiap jam belajar di kelas (ada universitas yang merekomendasikan lebih dari dua jam!). Jika seorang mahasiswa mengambil 18 SKS, yang berarti kuliah di kelas 18 jam per minggu, maka mahasiswa tersebut harus belajar sedikitnya 36 jam per minggu di luar kelas secara mandiri. Jadi mahasiswa tersebut harus merencanakan total jam belajar di kelas dan di luar kelas sebanyak 54 jam per minggu.

Berikut adalah beberapa strategi yang mungkin membantu membuat jadwal Anda menjadi efektif dan efesien.

  1. Identifikasi waktu terbaik pada setiap harinya.

Apakah Anda termasuk seorang “night person” atau “morning person”? Gunakan kekuatan waktu tersebut untuk belajar. Belajar pada waktu terbaik setiap harinya – apakah itu pagi (jika anda seorang “morning person”) atau malam hari (jika anda seorang “night person”) – memungkinkan anda menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih singkat.

  1. Pilih bab yang paling menarik untuk dipelajari.

Modul UT dirancang sedemikian rupa sehingga kita bisa mempelajari Modul tanpa harus berurutan. Bila Anda seorang pekerja maka pelajari Bab yang berhubungan dengan kegiatan kerja Anda, Bila Anda seorang pengusaha, pilih materi yang mendukung usaha Anda.

  1. Pastikan bahwa lingkungan sekitar kondusif untuk belajar.

Konsentrasi sangat dibutuhkan dalam belajar, oleh karena itu lingkungan yang kondusif perlu diciptakan untuk membantu konsentrasi. Carilah tempat (dan waktu) yang memang benar-benar jauh dari gangguan.

  1. Jangan tinggalkan rekreasi dan hiburan.

Kuliah di perguruan tinggi tidak berarti anda harus belajar sepanjang waktu. Anda harus tetap mempunyai kehidupan sosial demi keseimbangan hidup anda. Jadi, tidak ada salahnya anda menjadwalkan berkunjung dan mengobrol dengan teman atau mengerjakan hobi anda yang lain.

  1. Usahakan anda punya waktu tidur dan makan yang cukup dan berkualitas.

Badan phisik dan otak kita punya keterbatasan, bila dipakai terus maka ada saatnya juga lelah, untuk itu perlu istirahat agar segar kembali, bila dipaksakan akan timbul stress, atau bisa jadi sakit yang akan menghambat proses belajar.

  1. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Ketika Anda sedang bekerja, tentu juga ada saat-saat istirahat untuk makan, setelah makan sempatkan untuk membaca ringkasan dari materi yang Anda ambil. Kalo Anda melakukan perjalanan, waktu menunggu Transportasi bisa dimanfaatkan untuk membaca ringkasan materi. Buatlah ringkasan yang simple dan portable bisa dimasukkan ke dalam saku sehingga bisa dibawa kemana-mana. Bawalah catatan atau ringkasan kuliah kemana pun anda pergi dan baca setiap ada kesempatan meskipun hanya satu paragraf.

Sebenarnya setiap orang punya waktu yang cukup dalam kehidupan ini asal dia benar-benar mampu memanfaatkannya dengan baik. Waktu itu bergerak sama, 60 detik per menit, 60 menit per Jam, 24 jam perhari…dan seterusnya. Tidak heran bila  Johann Wolfgang von Goethe mengatakan “One always has time enough, if one will apply it well.” Orang selalu akan punya waktu yang cukup asal dia menggunakannya dengan baik.

Abu Dhabi – 01 Oktober 2011.(Made Mariana/ Alumni UT-Manajemen – 2008)

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: